Ada peningkatan peluang mengalami gelombang panas di akhir musim

Saat kita mengucapkan selamat tinggal pada hangatnya pelukan September, cuaca di Inggris telah menjadi semacam rollercoaster yang tak terduga. Menawarkan campuran sinar matahari, petir, dan hujan. Meskipun bulan ini dimulai dengan suhu melebihi 30 derajat Celsius. Seiring berjalannya waktu, suhu merosot dan stabil di sekitar pertengahan 20-an. Puncak perjalanan meteorologi ini terjadi pada hari Sabtu lalu ketika Bandara Heathrow London mengalami suhu tinggi luar biasa. Mencapai 32,7 derajat Celsius, menandai puncak gelombang panas tahun ini. Namun, seiring kedatangan musim gugur, pertanyaan besar muncul di benak banyak orang – apakah Inggris akan menyaksikan gelombang panas musim panas lainnya bulan ini, atau apakah cuaca hangat telah memutuskan untuk tidur hingga 2024?

Sosok Kemungkinan Gelombang Panas Tahun 2023

Meskipun suhu tetap hangat sepanjang minggu ini. Kemungkinan ulangan gelombang panas awal bulan tampak kurang menjanjikan, setidaknya menurut prakiraan jangka panjang Met Office.

Menurut bola kristal meteorologis mereka, minggu depan menjanjikan hujan dan hujan petir seiring dengan bergeraknya udara hangat yang memberikan kita gelombang panas baru-baru ini menjauh ke timur. Selain itu, ada potensi adanya pusaran udara rendah yang mengintai di cakrawala, menambahkan unsur ketidakpastian dalam prakiraan cuaca.

“Pengaruh Atlantik tampaknya akan berlanjut dalam waktu yang dapat diprediksi. Dengan potensi munculnya setidaknya satu sistem tekanan rendah yang signifikan mendekati Inggris, yang meningkatkan risiko angin kencang dan hujan lebat,” peringatkan Met Office.

Meskipun prakiraan cuaca masih dikelilingi oleh beberapa ketidakpastian, namun mengisyaratkan suhu sekitar 19-20 derajat Celsius di banyak daerah. Namun, Met Office memberikan sedikit harapan, mengisyaratkan bahwa “kadang-kadang gelombang panas mungkin akan menghampiri kita selama celah-celah cuaca cerah.”

Saat kita bersiap menyambut perayaan musim gugur pada tanggal 23 September

perubahan musim semakin jelas. British Summer Time (BST) secara resmi berakhir pada tanggal 29 Oktober. Memberikan banyak orang satu jam tidur tambahan karena jam-jam mundur.

Apakah Oktober Akan Mengungkapkan Gelombang Panas yang Mengejutkan?

Ketika masuk bulan Oktober, prospeknya lebih sesuai dengan ekspektasi musim gugur. Namun, masih ada ruang bagi beberapa suhu hangat di luar musim.

Meskipun sistem tekanan rendah yang telah disebutkan sebelumnya mungkin akan terus berpengaruh, Met Office memberikan sedikit optimisme. Mencatat bahwa “ada tanda-tanda sistem tekanan rendah seringkali berpusat di sebelah barat Inggris, dengan tekanan lebih tinggi berada dekat atau tepat di sebelah timur Inggris.” Ini, pada gilirannya, meningkatkan peluang untuk menikmati kondisi yang lebih stabil.

“Ada peningkatan peluang mengalami gelombang panas di akhir musim, dengan suhu yang kemungkinan akan melampaui rata-rata,” sindir Met Office.

Sebagai kesimpulan, meskipun musim panas tahun 2023 mungkin akan berakhir, prospek munculnya suhu hangat terakhir yang tiba-tiba pada bulan Oktober masih merupakan kemungkinan yang menarik.

By Love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *